Wednesday, March 28, 2007

gulai cencang

Ingredients:
1 kg daging potong kecil2
1 sdm bumbu gule bubuk asli buat warung padang (nah belinya ini mah kudu diIndonesia kayaknya)
2 buah asem kandis

1 kaleng coconut cream
1 sdm bumbu gulai

Bumbu yang dihaluskan :
10 buah cabe merah
2 cm kunyit
2 cm jahe
15 bawang merah
5 bawang putih
5 buah kemiri

bumbu utuh :
2 cm kayumanis
1 buah pekak/staranise
3 lembar daun jeruk
2 batang sere
2 lembar daun kunyit
2 cm laos

gula pasir sedikit hanya untuk penyedap, dan garam.

Directions:
Tumis bumbu yang dihaluskan juga bumbu gulai halus, tumis hingga berminyak atau matang sekali lalu masukkan daging, masak hingga daging berubah warna, lalu masukkan santan dan rempah daun dan asam kandis.
masak hingga daging empuk dan kuah mengental.
sajikan panas2.

3 Comments:

At 4:39 AM, Blogger Ola Siregar said...

Halo mbak esther,
Saya ini penggemar setia resep2nya mbak esther, enak2 banget deh! Oh iya...salam kenal dulu yah, nama saya Ola.
Mau nanya mbak, itu bumbu gulenya merk apa yah? Soalnya banyak resep2 mbak esther yg pake bumbu gule, jd saya bingung mau pake yg mana.
Makasih yah mbakkkk...

 
At 7:51 AM, Blogger Bunda Estherlita said...

Salam kenal juga Ola...
Terima kasih dah berkunjung ke Blog aku...
Saya pakai bumbu gulenya bubuk, yang sekarang seh banyak yang jual kayak bumbu gulenya Cik Oneh yang terkenal itu.
Bumbu gule yang saya pakai itu, saya beli diorang yang emang bikinkan buat rumah makan padang, jadi khas sekali rasanya, dalam artian padang sekaleee.... hehehehe

 
At 2:09 AM, Blogger Ola Siregar said...

Iya mbaaakk, makanan padang itu khan uenaaaakk banget! Aku tinggal di Australia mbak, tp di kota kecil dan kebetulan udah lama gak pulang ke Indo, males ngadepin macet2nya. Dalam rangka kangen makanan indo, skrg jadinya rajin masak. Itu bumbu gulenya beli dimana mbak? Saya punya bumbu Cik Oneh tp kurang nendang rasa padangnya, makanya mau coba beli bumbu gule yg mbak pakai. Tolong kasih tau yah mbak, soalnya udah ngiler banget nih ngeliat gule2nya mbak esther!
Oh iya satu lagi, untuk bumbu rendangnya, apa mbak esther beli di tempat yg sama dengan bumbu gule? Aduhhhhh saban ngeliat resep2nya mbak esther, perutku langsung kriuk kriuk dehhh....laperrrr!!

 

Post a Comment

<< Home